DISKUSI UMUM

DISKUSI UMUM (mohon diisi BUKU TAMU/ GUEST BOOK)
TEMUKAN INFORMASI MENARIK DI SINI : SOAL ON LINE LATIHAN UJIAN NASIONAL 2011/2012, ada juga PRESENTASI MATERI SMA/MA, SILABUS & RPP FISIKA, Paket LATIHAN SOAL UN, Artikel, TV ON LINE, dan lain-lain. TERIMA KASIH atas kunjungannya, salam kenal dari INDAKA

Sabtu, 03 Agustus 2013

Perkara Baru dalam Agama Islam (bagian 1)

(gambar: teks Islam agama sempurna-by http://ceramahonline2u.blogspot.com)

Rizky-catatanku.---Dewasa ini banyak terjadi di masyarakat perkara yang diada-adakan dalam beragama. Dan hal itu terjadi ternyata telah lama berlangsung di negeri jawa ini. Tentu kita mengetahui bahwa nenek moyang orang jawa adalah beragama Hindu, Budha, atau Animisme serta dinamisme. 

Perkembangan Islam pertama kali di pulau Jawa tidak terlepas dari jasa para wali yang biasa disebut walisongo. Dari sejarah tercatat bahwa para wali songo tersebut terpecah menjadi dua golongan yaitu golongan putih dan golongan merah. Golongan putih merupakan penganut ajaran agama Islam murni yang tidak memiliki tawar menawar dengan hal-hal diluar yang dicontohkan oleh rasulullah. 


Sedangkan golongan merah merupakan penganut ajaran Islam yang sudah berbaur dengan adat istiadat jawa. Para wali songo dari golongan putih mengingatkan kepada para wali dari golongan merah agar berhati-hati jangan meneruskan percampuran antara ajaran agama dan adat. Apa jawab mereka dari golongan merah, biarlah nanti generasi berikutnya yang akan memperbaikinya. 

Perhatikan kalimat di atas ! "biarlah generasi berikutnya yang akan memperbaikinya" Apa artinya dengan kalimat tersebut ? Dapat kita ambil pelajaran bahwa baik golongan putih maupun golongan merah sama-sama memiliki kesepakatan bahwa ajaran Islam yang murni dan mengikuti apa yang telah dicontohkan oleh Rasulullah merupakan sesuatu yang harus diikuti. 

Kemudian apa yang terjadi di tengah -tengah masyarakat kita yang mayoritas sudah memeluk agama Islam ? Banyak hal-hal yang TIDAK dicontohkan oleh Rasulullah menjadi tuntunan, padahal ritual tersebut TIDAK pernah dicontohkan oleh Rasul. Sesuatu amalan yang TIDAK pernah dicontohkan oleh Rasulullah hukumnya adalah TERTOLAK.

Perhatikan hadits Rasulullah berikut :

[  Telah menceritakan kepada kami Ya'qub telah menceritakan kepada kami Ibrahim bin Sa'ad dari bapaknya dari Al Qasim bin Muhammad dari 'Aishah radliallahu'anha berkata ; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda :  "siapa yang membuat perkara baru dalam urusan kami ini yang tidak ada perintahnya  maka perkara itu tertolak" (hadits shoheh Bukhari no.2499)   ] Diriwayatkan pula oleh 'Abdullah bin Ja'far Al Makhramiy dan 'Abdul Wahid bin Abu 'Aun dari Sa'ad bin Ibrahim.

Anda dapat melihat dalam versi tulisan arabnya di link berikut klik di sini.

Kadang kita heran, dalam bibir mengaku cinta Rasul, tetapi perilakunya jauh dari apa yang dicontohkan oleh Rasulullah. Bahkan mengikuti apa yang menjadi tradisi atau nenek moyang dianggap ibadah, sedangkan Rasullah tidak pernah memberi contoh. Dalam Al Qur'an bahkan manusia ditantang untuk menggunakan akalnya, apakah kamu tidak gunakan akalmu ? Apakah kamu tidak berfikir ? 

Jadi apapun itu jika itu adalah kebenaran jalan tauhid dan sunnah nabi, maka kita harus ikuti. Dan ingat dalam agama "semua amalan tidak boleh dilakukan kecuali ada perintahnya/dalilnya" (baca hadits shoheh bukhari di atas)

========================================================
penulis : admin
sumber : id.lidwa.com
diterbitkan : www.rizky-catatanku.blogspot.com
========================================================
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

tump.uang 33

affiliate program

GET CASH FROM YOUR SITE

Turn your valuable web site traffic into profit. Work online and join our free money making affiliate program. We offer the most commission rate to help maximize your revenue stream.

Join our money making program absolutely no charge and 100% risk free.

Sign Up...

Begin receiving serious partner commissions

Our money earn system really can give you money on the same day. Begin collecting serious partner revenue with almost no effort at all. This is a serious revenue opportunity, the chance for you to create a solid, reliable, long-time profitable business.Income while you sleep

CASH WHILE YOU SLEEP

Earn $100... $200... $500...

Turn your webpage visitors into cash!
You get money for every person that clicks on our advertizing. Our goal is to enable you to make as much as possible from your site. We pay monthly, either by bank cheque, or using PayPal.

Mountain a steady stream of cash

Our make money program helps you to establish a constant stream of cash, all around the clock. Allowing you more time to focus on the things you love.
You'll even be making money while you not working!

Letting Go of Stuff-Darren L Johnson Letting go of stuff by darren l johnson is a 9 week online home study course that teaches a seven step process for letting go using videos and ebooks.